Friday, May 26, 2017

Tips Ampuh Mempercepat Kinerja Laptop Atau Komputer Menjadi Lebih Cepat

Gambar terkait

Pada Postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mempercepat kinerja komputer/ laptop menjadi lebih cepat dibanding dengan biasanya. Memiliki komputer yang lambat tentu sangat menguji kesabaran kita,Tidak heran jika beberapa orang sangat kesal ketika mengerjakan tugas sokolah/ kantor dengan komputer yang sangat lelet.Banyak dari mereka yang lebih memilih mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer miliknya sendiri yang memiliki kinerjanya super lambat,Sebenarnya, untuk mengatasi komputer/ laptop yang cenderung semakin lama semakin lelet, anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal yang akan saya jelaskan satu per satu dalam postingan ini.Oke langsung saja, untuk mengatasi kinerja komputer/ laptop yang  lambat saja, lakukan beberapa hal dibawah ini untuk membantu mempercepat kinerja komputer/ laptop anda yang lambat:

1)Custom Virtual Memory
Walau memiliki peran yang tidak sebesar RAM, virtual memory dapat meningkatkan kinerja laptop atau komputer anda, dan untuk mengatur besar virtual memory yang kamu gunakan, kamu harus masuk ke Control Panel >> System and Security >> System atau bisa dengan cara menekan tombol Windows+Pause/Break. Lalu pilih Advanced system settings. Pindah ke tab Advance lalu pilih Setting pada menu Performance, pindah ke tab Advanced lagi kemudian pilih Change pada menu Virtual memory.

2)Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin
File sampah hanya akan memperlambat kinerja laptop atau komputer anda, jadi sebaiknya kamu menghapusnya. Tapi periksa dahulu file sampah tersebut, jika sudah benar-benar tidak penting lagi, kamu dapat menghapusnya dengan cara klik kanan ikon Recycle Bin lalu pilih Empty Recycle Bin.

3)Install Antivirus
Rata-rata penyebab kinerja laptop atau komputer menjadi lambat dan menyebabkan file data kita rusak adalah virus (malware dan spyware), untuk itu kamu harus meng-install antivirus, tapi harus pilih antivirus yang tepat bukan malah antivirus yang sudah kamu install yang akan memperlambat kinerja komputer atau laptop kamu.

4)Meminimalisir penggunaan efek visual
Semakin banyak efek visual memang membuat tampilan desktop kamu semakin bagus namun kinerja laptop atau koompter kamu menjadi semakin lambat pula,oleh karena itu untuk itu kamu harus meminimalisir penggunaan efek visual pada tampilan dekstop kamu dengan cara masuk pada Control Panel>>System an Security>>System, Lalu pilih Advance system settings pada bagian pojok kiri atas jendela System. Kemudian pindah ke tab Advance dan pilih Settings pada menu Performance. Pada tab Visual Effect, pilih custom dan uncheck efek visual, jika efek yang biasa digunakan tidak muncul silahkan kembalikan ke default.

5)Gunakan Disk CleanupKamu bisa menghapus file sementara atau file sampah yang ada pada setiap drive kamu dengan menggunakan Disk Cleanup. Cara menggunakan tool ini kamu tinggal klik kanan drive yang akan dibersihkan>>Properties>>Disk Cleanup atau anda juga bisah menggunakan aplikasi cclaner.

6)Hapus gadget yang tidak penting pada dekstop
Gedget yang terpasang pada desktop juga mempengaruhi kinerja komputer atau laptop kamu jadi sebaiknya hapus gedget yang tidak perlu atau tidak penting. Tetapi jiika laptop atau komputer kamu memiliki spesifikasi tinggi hal ini tidak terasa efeknya bagi kinerja laptop atau komputer.

7)Gunakan Disk Defragmenter
Fragmentasi pada data membuat drive anda bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, anda disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Anda bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

8)Uninstall program yang tidak penting
dan yang terakhir adalah Uninstall program-program yang tidak penting atau tidak digunakan karena jika tidak akan membuang percuma ruang hard disk kamu. Cara meng-install program tersebut kamu bisa lakukan dengan melalui Start>>Control Panel>>Uninstall a program, kemudian pilih dan uninstall program yang tidak penting atau tidak digunakan.

sekian postingan saya tentang "Tips Ampuh Mempercepat Kinerja Laptop Atau Komputer Menjadi Lebih Cepat"kurang lebihnya saya mohon maaf sekian dan.........................................terima kasih

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
Catatan :
Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Hanya komentar yang berkualitas dan relevan dengan topik di atas yang akan ditampilkan. Harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Author)
EmoticonEmoticon