Tuesday, June 13, 2017

Cara Mengoptimalkan Laptop Sebelum Memainkan Game Berat

Cara Mengoptimalkan Laptop Sebelum Memainkan Game Berat:Apabilah kita berbicara tentang Game tentu akan sangat berkaitan dengan performa komputer yang kita miliki pada saat kita memainkan game itu.Bahkan tidak jarang komputer yang rendah digunakan untuk memainkan game yang berat sehingga seringkali terjadikelambattan saat memainkan game itu,lagging dan force close pada saaat  memainkan game ter sebut maki itu sangat menggangu bukan?nah karena masalah itu saya di sini akan menjelaskan sedikit teentang Cara Mengoptimalkan Laptop Sebelum Memainkan Game Berat sebagai berikut ini:

Hasil gambar untuk laptop gaming

1)OVERCLOCK GPU

Overclock merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kinerja sebuah hardware komputer. Walaupun tak semudah PC, namun overclock juga masih bisa dilakukan pada laptop. Caranya adalah dengan menggunakan software driver bawaan. Vendor ternama seperti NVIDIA dan AMD biasanya telah menyediakan fitur untuk mengoverclock GPU.

2)GUNAKAN GAME BOOSTER

Masih seputar aplikasi pendukung nih , selain Tune-Up aplikasi seperti Game Booster juga sangat membantu untuk mematikan aplikasi-aplikasi tidak berguna yang berjalan di desktop, sama hal nya seperti Tune-Up, namun bedanya aplikasi ini dapat mengetahui atau mendeteksi lebih dalam bagian-bagian mana saja yang perlu di matikan dan mengoptimasi kinerja laptop untuk memberikan ruang yang cukup saat kita bermain game, saya menyarankan gunakan Game Booster sebelum bermain game karena sangat membantu mengurangi lag dan shuttering saat kalian gamer bemain game.

3)TURUNKAN DETAIL TEKSTUR GAME

Bagi anda yang memiliki spesifikasi laptop yang pas-pasan untuk bermain game berat. Anda bisa melakukan setting game ke mode yang lebih rendah, ntah itu resolusi, detail, maupun tekstur Game yang kalian mainkan. Hal tersebut akan membuat kinerja game menjadi lebih ringan dan terhindar dari lagging dan force close.

4)HINDARI MEMASANG BANYAK WIDGET PADA DEKSTOP LAPTOP/KOMPUTER

Banyak orang yang menganggap menggunakan widget-widget pada desktop akan semakin memperindah tampilan laptop/komputer dan mempermudah mereka dalam melakukan pekerjaan, akan tetapi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua widget bagus untuk digunakan karena pada dasarnya ketika kita menggunakan widget tersebut maka ada kinerja CPU yang akan digunakan, belum lagi jika widget tersebut menggunakan fiture tampilan yang wah, selain memakan CPU tentunya juga akan memakan RAM. Saran saya gunakan widget seperlunya saja, jangan terlalu banyak yang muncul di desktop, dan apabila laptop/komputer kalian gamer memiliki spesifikasi yang pas-pas an alangkah lebih baik lagi jika tidak usah menggunakan widget pada desktop sama sekali,dan jangan lupa hindari juga memasng desktop berjalan pada komputer.

5)Optimalkan kinerja VGA
Laptop/komputer zaman sekarang sudah pasti di lengkapi kartu grafis seperti Nvidia & AMD Radeon yang mampu mengolah gambar lebih baik dan menjalankan program seperti game dengan lebih lancar. Namun bagaimana dengan laptop yang hanya dilengkapi dengan VGA bawaan seperti intel HD? Tentunya laptop tersebut harus bekerja ekstra agar dapat menjalankan game atau program yang berat, sukur-sukur dapat menjalankannya, bagaimana jika game tersebut tidak bisa di buka sama sekali yang di sebabkan oleh minimnya spek laptop/komputer yang kita miliki. Akan tetapi jangan khawatir  kita tetap dapat mengoptimalkan kinerja VGA sekalipun itu adalah intel HD.

6) CEK KONDISI FISIK KOMPUTER

Setelah kita mengotak atik bagian software dari laptop kita, maka kita juga sangat perlu untuk memperhatikan kondisi fisik laptop kita, dan yang paling sering di keluhkan oleh gamer adalah kondisi laptop yang mudah panas saat bermain game. Panas dari laptop ini dapat di sebabkan oleh beberapa hal, bisa jadi panas karena membuka program yang berat, laptop di letakan pada alas seperti kasur sehingga pembuangan panas tidak berjalan lancar, dan juga bisa karena kipas laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Laptop pada dasarnya tidak di desain untuk bermain game, kecuali laptop yang memang diperuntukan bagi gamer, sehingga perangkat-perangkat keras yang terdapat pada laptop sangat sensitif dan rentan untuk rusak apabila digunakan untuk membuka program yang berat, solusinya agar tidak cepat rusak adalah gunakanlah Cooling Pad(kipas laptop) yang berkualitas tinggi untuk meredam panas, sehingga kinerja kipas internal laptop dapat lebih ringan. Kondisi laptop yang panas akan sangat mengganggu ketika sedang bermain game, karena kinerja CPU dan GPU sedang terganggu dan hasilnya game yang kita mainkan menjadi lag atapun shuttering, dan bahkan terkadang laptop bisa mati secara otomatis apabila laptop menerima panas yang sangat berlebihan.

nah cukup sekian postingan saya tentang Cara Mengoptimalkan Laptop Sebelum Memainkan Game Berat apabilah adah kesalahan saya mohon maaf cukup sekian dan ............Terima Kasih



1 comments

ow jadi gitu ya mas, saya ada laptop meski spek kecil waktu dulu langsung download tancap main haha, soalnya ga tau apa spesifikasi dari komputer atau laptop

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
Catatan :
Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Hanya komentar yang berkualitas dan relevan dengan topik di atas yang akan ditampilkan. Harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Author)
EmoticonEmoticon