Sunday, May 7, 2017

CARA MERESET PASSWORD BIOS TANPA HARUS MASUK BIOS

CARA MENGATASI BIOS YANG DI PASSWORD



1)Mereset password BIOS dengan melepas baterai CMOS

Semua mainboard memiliki baterai CMOS seukuran koin. Baterai ini menjaga semua setting BIOS tetap tersimpan, termasuk password. Untuk mereset password BIOS, lepaskan PC dari colokan listrik Agar tidak tersetrum, kalau laptop dari baterai dan colokan listrik juga. Buka casingnya, cari baterai CMOS, lepaskan sekitar 15-30 menit, kemudian pasang lagi. Ini akan mereset semua setting BIOS komputer anda, jadi kalau perlu ya di setting lagi. Apakah ini selalu berhasil? Tidak juga. Nah, kalau gagal, coba yang lain berikut ini:

2)Mereset password BIOS dengan menggunakan jumper

Nah, kalau jumper, pasti anda akan menemukannya di Mainboard. Dengan mengatur ulang jumpernya, kita bisa mereset passsword BIOS dengan mudah. Ndak mudah-mudah amat sih, karena harus membuka casing sampai motherboardnya terlihat semua. Jumper yang mana yang harus di cari?

Soal lokasinya, bisa bervariasi tergantung dengan motherboard anda. Silahkan cek buku manual motherboard atau laptop anda. Kalau ndak punya, hilang atau sudah rusak tidak terbaca, carilah jumper yang letaknya di dekat baterai CMOS (tidak mesti juga sih, cuman biasanya di situ). Biasanya jumper ini ada labelnya CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacamnya. Terus diapain?

Kalau sudah ketemu, perhatikan baik-baik. Biasanya ada 3 pin, dan dengan menggunakan jumper kita akan menghubungkan pin yang di tengah dengan pin yang kiri atau yang kanan. Nah, jadi yang akan kita lakukan adalah, memindahkan jumpernya. Jika sebelumnya menghubungkan pin tengah dengan pin kiri, maka angkat jumpernya, sekarang pasang lagi dengan menghubungkan pin tengah dengan pin kanan. Kalau sudah, tunggu beberapa detik, angkat lagi jumpernya, lalu kembalikan seperti semula.

Pastikan komputer anda dalam keadaan mati ketika mereset jumpernya.

Biasanya ini sudah cukup untuk mereset password BIOS. Jika ternyata masih gagal dan anda punya akses untuk booting sampai membuka DOS prompt, lakukan ini:
3)Cara mereset password BIOS dengan perintah DOS/CMD

Coba booting, masuk ke MS DOS prompt, lalu ketikkan perintah di bawah ini baris per baris:


debug [Enter]
o 70 2E [Enter]
o 71 FF [Enter]
quit [Enter]

Catatan: karakter pertama di baris kedua dan ketiga perintah di atas adalah karakter huruf alfabet ‘o’ bukan angka ‘0’.

Kalau perintah tadi sudah dijalankan, sekarang restart komputer anda, harusnya, sekarang setting BIOS akan direset termasuk dengan password BIOS anda.

Cara reset password BIOS dengan perintah DOS ini memanfaatkan tool Debug dari DOS. Karakter ‘o’ merupakan perintah untuk memberi nilai pada port IO. Angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memori CMOS. Dengan memberi nilai FF, maka kita memberi tahu CMOS bahwa ada nilai yang invalid dan mereset setting CMOS termasuk password BIOS-nya.

nah cukup sekian postingan saya tentang CARA MENGATASI BIOS YANG DI PASSWORD kalau ada kesalahan kata mohon di maafkan,,,,,,,,,,,,,Terima kasih.

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
Catatan :
Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Hanya komentar yang berkualitas dan relevan dengan topik di atas yang akan ditampilkan. Harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Author)
EmoticonEmoticon