Saturday, September 25, 2021

Tips Agar Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah

 


Tips Agar Tidak Salah Memilih Jurusan Kuliah - menurut penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) menunjukkan sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia mengakui jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minatnya.

Salah satu dampak yang sering terjadi pada saat mahasiswa salah jurusan yang tidak sesuai minat itu yaitu perlu waktu yang lama untuk menyelesaikan pendidikanya,dan dampak lain biasanya mereka tidak akan maksimal untuk mengejar hasil yang terbaik.

penyebab yang sering saya temui mahasiswa salah jurusan adalah :

  1. Ikut-ikutan teman
  2. dorongan dari orang tua
  3. terlalu mengejar PTN 
namun disini saya tidak akan menjelaskan hal itu,disini saya akan memberikan tips biar kalian tidak salah memilih jurusan :

1. Cari minat dan bakat kalian


Ketika dihadapkan pada sekian daftar jurusan kuliah yang harus dipilih, baik dari ortu ataupun pilihan diri sendiri, kita membutuhkan alasan tepat untuk memilih.Cara memilih jurusan kuliah tentu berbeda dari cara kita memilih menu makanan atau tema ponsel yang jika ketika kita bosen bisa langsung berganti tema. Tapi bagaimana dengan jurusan kuliah? Itulah sebabnya kita perlu tahu apa minat dan bakat yang kita miliki. Pengetahuan inilah yang dapat membantu kita menentukan jurusan kuliah.Pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi berbagai tantangan saat belajar tentang ilmu dan skills baru di bangku kuliah nanti.

2. Lakukan Riset jurusan yang akan kalian pilih


sebelum memilih jurusan kuliah akan lebih baik jika kalian melakukan riset terhadap calon jurusan yang akan kalian pilih.hal ini bertujuan jika kalian nanti apabilah sudah masuk ke jurusan tersebut kalian tdak menyesal dan semangat dalam menghadapi perkuliahan
misal disini saya akan memilih jurusan informatika disini saya akan melakukan riset terlebih dahulu dijurusan informatika nantinya akan diajari apa saja,matkul apa yang ada pada jurusan tersebut dan prospek kedepanya gimana.apa bila sudah cocok baru saya akan memilih jurusan tersebut
 

3. Konsultasi kepada yang sudah berpengalaman

selanjutnya adalah konsultasi dengan yang berpengalaman.yang saya maksud berpengalaman disini bisa saja guru BK ,alumni dari sekolah kalian,ataupun siapa saja yang kalian kenal yang sudah menjalani jurusan yang akan kalian ambil.
misalnya disini saya mau ngambil jurusan informatika maka disini saya akan mencari kakak kelas yang sudah lulus atau kenalan-kenalan saya yang sudah berkuliah dijurusan informatika dan saya disitu akan melakukan pertanyaan seputar jurusan informatika,bisa dari suka duka berada dijurusan informatika,kegiatan-kegiatan di jurusan informatika dan lain sebagainya.

nah mungkin itu saja tips yang dapat saya bagi kepada kalian semoga artikel ini bermanfaat-Terimakasih

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
Catatan :
Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Hanya komentar yang berkualitas dan relevan dengan topik di atas yang akan ditampilkan. Harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Author)
EmoticonEmoticon