Monday, May 1, 2017

4 HAL YG MEMPENGARUHI KONSENTRASI DALAM BELAJAR



4 HAL YG MEMPENGARUHI KONSENTRASI DALAM BELAJAR

Hasil gambar untuk konsentrasi belajar animasi

  Sebagian orang ada yang dapat berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama, tetapi ada juga yang tidak. Sekalipun begitu, kita pasti bisa memusatkan pikiran pada sesuatu yang benar-benar kita minat. Kita juga bisa meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi bila sungguh-sungguh berusaha untuk berkonsentrasi bila bersungguh-sungguh untuk itu.

 Misalnya, jika kita berada di tengah keramaian, kita bisa tetap mendengar cerita lawan bicara kita atau teman kita. Hal itu terjadi karena kita memiliki keinginan untuk mendengarnya. Oleh karena itu, usaha yang kita lakukan akan direspon oleh otak. Secara otomatis, otak akan mengarahkan perhatian pada suara lawan bicara kita tersebut.

Adapun Hal yang mempengaruhi konsentarasi  belajar Adalah :


1.Suara. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap suara, ada yang menyukai belajar sambil mendengarkan musik, belajar ditempat ramai, dan bersama teman. Tetapi ada yang hanya dapat belajar ditempat yang tenang tanpa suara, atau ada juga yang dapat belajar ditempat dalam keadaan apapun.

2.Pencahayaan. Pencahayaan merupakan salah satu faktor yang pengaruhnya kurang begitu dirasakan dibandingkan pengaruh suara, tetapi terdapat juga seseorang yang senang belajar ditempat terang, atau senang belajar ditempat yang gelap, tetapi kenyamanan visual dapat juga digolongkan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kenyamanan di dalam ruangan maupun bangunan.

3.Temperatur. Temperatur sama seperti faktor pencahayaan, merupakan faktor yang pengaruhnya kurang begitu dirasakan dibandingkan pengaruh suara, tetapi terdapat juga seseorang yang senang belajar ditempat dingin, atau senang belajar ditempat yang hangat, dan juga senang belajar ditempat dingin maupun hangat.

4.Desain Belajar. Desain belajar merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh juga, yaitu sebagai media atau sarana dalam belajar, seperti halnya terdapat seseorang yang senang belajar ditempat santai sambil duduk di kursi, sofa, tempat tidur, maupun di karpet. Cara tersebut merupakan salah satu cara yang dapat membuat kita lebih dapat berkonsentrasi.

cukup sekian postingan saya tentang hal-hal yang mempengaruhi konsentrasi dalam belajar apabilah ada kesalahan mohon dibenarkan di kolom komentar...................Terima Kasih

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
Catatan :
Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Hanya komentar yang berkualitas dan relevan dengan topik di atas yang akan ditampilkan. Harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Author)
EmoticonEmoticon